Siapapun tidak akan tahu bagaimana sebuah titik terhubung di masa depan. Kebalikannya, begitu melihat ke masa lalu, semua menjadi jelas. Terang-benderang.

11 Mei 2017. Empat tahun lalu, saya bersilaturahim ke STKIP NU Kabupaten Tegal. Ketemu ketua. Tapi sejak itu saya tidak pernah lagi ke sana. Tidak ada hal konkret untuk kerja sama.

Hari ini ketua STKIP NU berganti. Kabar itu saya baca di beranda Facebook. Ketua ABKIN (Asosiasi Guru BK Indonesia) Cabang Kabupaten Tegal, Bapak Taesar Afandi, mengucapkan selamat. Sebab di STKIP NU terdapat program studi BK, yang menjadi bagian dari ABKIN.

Pak Guru Taesar Afandi sudah lama kenal. Dulu pernah menjajagi kerja sama sewaktu #MatematikaDetik masih berupa embrio. Waktu itu saya masih bekerja sebagai PNS dan apa yang saya lakukan terkait dengan misi bupati Tegal. 11 Mei 2021, sepuluh tahun kemudian bertemu lagi.

BK sangat cocok dengan #ToSM (Test of Second Mathematics), yaitu salah instrumen Matematika Detik (MD) Level A. Awal Maret 2021, kami telah bekerja sama dengan guru BK SMA Negeri 3 Kota Tegal. Kami juga sedang berproses bekerja sama dengan Prodi BK FKIP Universitas Pancasakti. Semua terhubung.

*Ahmad Thoha Faz

BK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *