Oleh: Ahmad Thoha Faz (Litbang PPMD)

“(Sekolah Islam Terpadu Plus) Cordova masih menggunakan (Matematika) Detik loh,” kata sang ketua Yayasan, “Umi” Hajjah Dr.ย Ida Saidah, S. Sos, M. Psi.

Kabar yang sangat menggembirakan. Artinya, SDIT – SMPIT Plus Cordova, Cikarang, masih menggunakan ToSM sejak Desember 2017. Ketika itu ToSM masih bernama “Matematika Detik” dan tentu saja belum ada format Android. Selama 6 tahun Cordova menerapkan ToSM berbasis lembar kerja, atau yang sekarang disebut “ToSM Konvensional”.

Kecepatan dan kecermatan membaca peluang, ditambah dengan kesungguhan, adalah faktor kunci di balik itu. Tidak ada keraguan, Cordova mengundang saya untuk mengisi pelatihan di tempatnya pada Desember 2017. Kurang dari setahun kemudian, setelah menerapkan hasil pelatihan, rombongan SIT Cordova mengadakan pelatihan lagi ke Tegal sambil berwisata air panas di Guci, Bumijawa.

Selain menggembirakan, kabar dari Cordova beraroma misteri. Pada saat yang sama, saya juga mendapat kabar tak terduga dari Sekolah Bunyan Indonesia. Sama-sama dari Bekasi. Saya diundang untuk mengisi pelatihan di sana.

Tentu saja materi pelatihan di Bekasi pada September nanti berbeda dengan enam tahun lalu. Sebab ToSM terus berbenah dan saat ini telah tersedia ToSM berbasis aplikasi Android yang terintegrasi dengan web. Bukan sekadar aspek teknologi, filosofi dan psikologi di belakangnya semakin kokoh.

Pelatihan “Matematika Detik” di Sekolah Islam Terpadu (SIT) Plus Cordova, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Desember 2017.

KONSISTEN! SIT PLUS CORDOVA, CIKARANG, BEKASI, TERAPKAN “MATEMATIKA DETIK” SEJAK 2017

10 gagasan untuk “KONSISTEN! SIT PLUS CORDOVA, CIKARANG, BEKASI, TERAPKAN “MATEMATIKA DETIK” SEJAK 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *