“Di Kabupaten Tegal, (Sekolah Percontohan ToSM Matematika Detik) sudah pernah dengan sekolah mana ?”

Pertanyaan singkat dari kepala BAPPEDA Kabupaten Tegal, Muhammad Faried Wajdy, S.Sos, M.Si, mendorong PPMD untuk memperjelas informasi kepada masyarakat khususnya di tanah kelahiran Matematika Detik.

Berbeda dengan di tempat lain, masyarakat Kabupaten Tegal banyak yang sudah mengetahui cerita awal Matematika Detik sejak tahun 2014. Satu hal yang sering tidak disadari, Matematika Detik khususnya ToSM tidak pernah berhenti untuk tumbuh, termasuk gagasan Sekolah Percontohan ToSM.

Sekolah Percontohan ToSM sebenarnya sudah digagas sejak masa akhir Covid 19 di beberapa sekolah pada paro kedua tahun 2021, terutama sejak ditemukan fitur Data Mitra. Namun, program sebenarnya cukup disambut baik, tapi kemudian dibiarkan karena PPMD lebih berfokus pada konsolidasi internal. Selain mematangkan fitur Data Mitra, sistem pelatihan instruktur semakin mendesak untuk diadakan.

Program Sekolah Percontohan dimulai lagi pada Agustus 2023 di mulai dari SD Muhammadiyah Kademangaran, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal yang dipandu Ahmad Thoha Faz, dan SDI Al Azhar 25 Kota Semarang, yang dipandu Ade Machnun Saputra Lc MPsi. Di luar dugaan, seorang guru di SD Negeri Percobaan Medan, Ahmad Fadli Silaen, menyatakan bermaksud merintis “ToSM Academy” di sana.

Sejak itu gelombang sekolah percontohan ToSM semakin besar. Pergerakan juga terasa di Bekasi dan Brebes.

Namun, pertanyaan kepala BAPPEDA mengarahkan fokus saya di Kabupaten Tegal. Per hari ini tercatat ada 5 (lima) institusi yang bergabung menjadi Sekolah Percontohan ToSM, yaitu masing-masing satu pada setiap kecamatan.

  1. Dukuhturi: SD Muhammadiyah, Kademangaran
  2. Talang: MI Bustanul Huda, Dawuhan
  3. Tarub: MI Assalafiyah, Kemanggungan
  4. Kedungbanteng: MI Miftahul Ulum, Kebandingan
  5. Pangkah: SMPIT Elmuna VIE, Depok

Hari ini, Ustadz Syukron Khanif, kepala SMPIT Elmuna-VIE, datang ke basecamp PPMD di Pesantren Ilmu Eksakta (PI.E). “Seperti TOEFL ToSM tidak terikat kurikulum,” katanya sewaktu menjelaskan alasan ketertarikan dengan ToSM.

5 (LIMA) SEKOLAH PERCONTOHAN ToSM DI KABUPATEN TEGAL

10 gagasan untuk “5 (LIMA) SEKOLAH PERCONTOHAN ToSM DI KABUPATEN TEGAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *