Tepat pada 09:41 WIB, seorang sahabat di pulau Lombok melaporkan, bahwa ada penambahan dua kabupaten sebagai asal pengguna Test of Second Mathematics (ToSM) on Android. Waktu itu tercatat 362 kabupaten.

Sahabat yang saya maksud tidak lain adalah si pengembang ToSM berbasis Android itu sendiri. Saat ini ToSM digital tersedia dalam dua platform, yaitu Android dan Windows (web). Namun, ToSM berbasis web belum diluncurkan, masih dimatangkan oleh tim MDI (Matematika Detik Internasional), sehingga kami belum tahu bagaimana respons publik.

Jadi, ini cerita tentang ToSM on Android. Aplikasi yang sempat ditendang dari Google Playstore selama sekitar 6 bulan, terhitung sejak 20 Januari 2020. Akhir Juli 2020, ToSM “reborn” kembali tersedia di Google Play.

Alhamdulillah, saat ini ToSM telah digunakan di seluruh, yaitu 34, provinsi di seluruh Indonesia. Merata!

Kami tahu bahwa pengguna diizinkan mengisi data asal-asalan. Tapi saya percaya bahwa sebagian besar pengguna mengisinya dengan jujur.

11 jam kemudian, terhitung sejak kabar dari Lombok hari ini, ada penambahan 3 kabupaten lagi dengan 33 unduhan. Ada penambahan penggunaan sebanyak 265 kali. Semakin bahagia, semua itu di luar kendali kami. Tidak tahu siapa saja mereka adalah karunia tersendiri. Menyambut era AN (Asesmen Nasional), semoga semakin banyak pihak yang merasakan manfaat ToSM.

Kami berencana meluncurkan ToSM on Android untuk Level A2, yaitu Tambah-Kurang-Kali-Bagi dalam domain bilangan bulat. Kapan diluncurkan? Ketika pengguna yang tercatat sudah mencapai 10.000 (sepuluh ribu).

Saat ini masih kurang 2.357 lagi. Jika unduhan harian dapat mencapai 40, in sya Allah ToSM A2 dapat diluncurkan pada awal 2020. Semoga.

*Ahmad Thoha Faz

DI LUAR KENDALI? SEMOGA

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *