Poros Ristek“Nanti saya mau menulis skripsi tentang Tegal. Bisa melalui POTJI?” kata Hardika Wiga Pradana, yang baru saja diterima di Teknik Kimia UGM.

POTJI adalah “Poros Digital” Tegal Jepangnya Indonesia. Sebuah wadah yang lebih besar daripada Potji.com “Portal Tegal Jepangnya Indonesia”. Salah satu yang nantinya diwadahi oleh Poros Digital adalah Poros Ristek.

Dan rupanya POTJI semakin menebarkan daya tarik, termasuk pada salah satu siswa paling cemerlang di Tegal, seperti Hardika Wiga Pradana yang rutin meraih ranking 1 paralel semasa di SMA Negeri 1 Tegal.

Mungkin Hardika terinspirasi oleh seniornya di Sekolah Ilmu Eksakta (SIE) dan di SMA Negeri 1 Tegal yang lebih dulu melakukan riset di Potji.com.Yang dimaksud adalah Oriza Wahyu Utami (mahasiswi Teknik Industri UNDIP) dan Lubby Masfar Muzetha (mahasiswa Ilmu Komputer UI). Oriza terpilih sebagai satu-satunya wakil UNDIP pada Scholar Leadership Symposium di Hongkong (2015), sedangkan Lubby adalah wakil ketua Sintesa UI (Satu Ikatan Tegal Bersaudara Universitas Indonesia) 2015-2016. Lubby sendiri terinspirasi oleh dosennya, Faiq Miftakhul Falakh, yang menjadi motor tatkala potji.com maju pada ajang prestisius InCode Design.

MENGAPA “POROS RISTEK” HARUS ADA?

Tegal memang tidak memiliki kampus besar. Padahal semua mafhum bahwa riset dan teknologi merupakan kunci daya saing daerah maupun negara. Jadi, bagaimana?

Kecerdasan putra-puteri Tegal tidak kalah. Panglima TNI saat ini, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo adalah putra Tegal. Bahkan rektor ITB saat ini, Profesor Kadarsah Suryadi, juga mengaku orang Tegal. Masalahnya, apakah Tegal mendapatkan manfaat dari kecerdasan mereka?

Di era digital, kita tidak perlu menunggu putra-putri terbaik Tegal pensiun atau mudik lebaran untuk pamer Chevrolet atau meninggal untuk kembali ke Tegal. “Silakan bertebaran di muka bumi. Namun, alangkah baiknya kalau balik Tegal tidak hanya pamer jaket tetapi berkarya yang lebih nyata di kampung halaman tercinta. Sekali saja seumur hidup, selagi masih menjadi mahasiswa!” Sebagai konseptor Poros Digital. Itu yang di inginkan

“POROS RISTEK”, MAGNET BARU BAGI PUTRA-PUTERI TERBAIK TEGAL

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *