Kamus Besar Bahasa Indonesia

Berapakah jumlah kata dalam bahasa indonesia? Tidak tahu. Menurut data dari wikipedia tentang Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), edisi terbaru dari kamus tsb memuat sebanyak 110.538 kata (per April 2019), dan kemungkinan besar akan terus bertambah serta dimutakhirkan.

Bayangkan pada suatu waktu tertentu kita memiliki KBBI yang lengkap, dimana semua kata dalam bahasa Indonesia yang masih aktif digunakan pada saat itu termuat dalam KBBI tanpa kecuali…

Misal terdapat n kata dalam bahasa Indonesia yang aktif digunakan, sehingga KBBI juga memuat n kata yang mana setiap kata diartikan menggunakan kata-kata lain yang juga terdapat dalam KBBI sebagai kata yang diartikan. Maka mustahil seseorang dapat memahami setiap kata dalam bahasa Indonesia hanya berdasarkan KBBI, haruslah ada beberapa kata dalam bahasa Indonesia yang dipahami terlebih dahulu tanpa bergantung pada arti yang tertulis pada KBBI. Dengan kata lain, harus ada referensi lain di luar sistem KBBI agar KBBI dapat dipahami. Tanpa adanya referensi dari luar, seseorang akan tersesat di dalamnya, dan KBBI hanya menjadi sekumpulan simbol tanpa dapat dimaknai.

Bagaimana dengan alam semesta? Dapatkah kita memahami alam tanpa referensi dari luar sistem semesta? Tidak! Dengan mengingkari referensi di luar suatu sistem, sistem tsb bukan berarti apa-apa kecuali sebagai sekumpulan lelucon yang sama sekali tak lucu.

MELAMPAUI KATA DAN SEMESTA

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *