Karya Ilmiah ToSM

14 November 2020, datanglah ke WhatsApp saya dua bungkus kabar bagus.

Kabar pertama datang dari Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Aswian Editri Sutriandi, programmer ToSM on Android, melaporkan bahwa aplikasi ToSM telah digunakan sebanyak 100.000 (seratus ribu kali). “Bulan ini hampir setiap hari sempat memantau statistika ToSM. Ada energi baru melihat pengguna yang bertambah organik.”

Pada saat ToSM telah digunakan tepat 100.000 kali tercatat 7.802 pengguna. Ketika artikel ini ditulis, yaitu dua hari kemudian, tercatat 7.822. Ada penambahan 20 pengguna dalam dua hari dan kami tidak tahu siapa mereka.

Kabar kedua, datang dari Semarang. Tepatnya dari direktur Akademi Kesadaran Diri Indonesia (AKDI), Ade Machnun Saputra, yang kini sedang menempuh pendidikan S2 psikolodi di Universitas Semarang. Setelah sempat diminta ganti tema, proposal tesisnya yang bertema ToSM akhirnya mendapat lampu hijau dari dosen pembimbing.

“Alhamdulillah mendapat lampu hijau. Bahasa tulisan (WhatsApp) memang tidak seasyik kalau ngobrol langsung,” kata lulusan S1 dari Hadhramaut, Yaman, ini. “Semoga menjadi jalan penyemangat sampai doktor.”

Aamiin.

*Ahmad Thoha Faz

MAGISTER PSIKOLOGI SPESIALIS ToSM

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *