Tidak lama setelah webinar yang diselenggarakan PKBM Generasi Mandiri di Balikpapan, tercetus kembali ide perintisan Kampung #MatematikaDetik. Sebab pelatihan #ToSM akan jauh lebih mudah apabila si peserta mengamati dan mengalami praktik langsung, tentu saja setelah dibekali teori.

Sebagai persemaian, MI Assalafiyah Kemanggungan menjadi pilihan. Anak kami yang kedua, Abim, segera kami pindahkan ke sana. Selama Abim di sana, yaitu di kelas 5 dan 6, adalah kesempatan untuk memantau pembentukan kebiasaan ToSM dan berikutnya perkembangan Kampung Matematika Detik.

Proses mulai berjalan. Tiba-tiba datang kabar tak terduga. Komunitas TLC (Tegal Learning Center) berminat turut membantu. Sepakat, tidak ada hambatan psikologis, sebab sudah saling kenal.

Proses yang sudah berjalan sejak Juni 2021 di internal MI Assalafiyah Kemanggungan adalah satu hal. Proses yang sedang dirintis oleh tim mahasiswa ITTP bersama TLC adalah hal lain. Dua jalur berbeda untuk membangun piramida kemanfaatan yang sama.Di luar dua jalur tersebut, banyak jalur lain.

Lihat YouTube INNOVILAGE2021- Kampung MD Sebagai Laboratorium Berantas Gagap Hitung

INNOVILLAGE2021- Kampung Matematika Detik Sebagai Laboratorium Pemberantasan Gagap Hitung

JALUR LAIN PERINTISAN KAMPUNG MATEMATIKA DETIK

Tinggalkan komentar

24 views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *