Gedung Teknik Industri yang atapnya pernah saya tinggali selama empat bulan sekarang bernama Gedung Matthias Aroef. Siapa beliau? Siapa lagi kalau bukan Bapak Teknik Industri Indonesia.

Ada hal unik yang ingin saya ceritakan. Ketika falsafah dan prinsip Prof Dr Matthias Aroef hendak diabadikan, seorang dosen di sana bertanya kepada saya di Tegal. Tentang apakah itu otentik? Rupanya di sana para dosen sedang mengadakan rapat.

Tentu saja otentik. Sebab berasal dari menantu beliau, yang pernah menjabat menteri perhubungan, yaitu Prof Jusman Syafii Djamal.

Titik Ba lahir dari Teknik Industri ITB. Titik Ba, seperti dikatakan, Prof Harsono Taroepratjeka adalah tentang pendekatan sistemik terintegrasi. Itulah jiwa teknik industri.

Matematika Detik adalah tentang sumberdaya paling langka: waktu. Logo Teknik Industri adalah jam pasir, sebagai pedoman dan pengingat betapa pentingnya waktu. Detik adalah tentang waktu.

#ToSM (Test of Second Mathematics) terinspirasi oleh Frederick Winslow Taylor (1856-1915), yang dikenal sebagai Bapak Manajemen Ilmiah, atau Bapak Teknik Industri. Lebih spesifik lagi, terinspirasi oleh pasutri Frank dan Lilian Gilberth.

*Ahmad Thoha Faz

BERAKAR DARI TEKNIK INDUSTRI ITB

Tinggalkan komentar

32 views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *