Instruktur Utama: Ade Machnun bersama KS SDI Al Azhar 25 Semarang Ibu Ais

Dalam rangka memeriahkan HUT RI yang ke-78, Sekolah Dasar Islam Al Azhar 25 (SDIA-25) akan mengadakan asesmen massal untuk semua kelas tinggi (4,5 dan 6) melalui Gerakan Merdeka Berhitung (GEMAR) bekolaborasi dengan Jam’iyyah (Komite Sekolah).

Sudah menjadi rahasia umum bahwa skor PISA siswa Indonesia selalu istiqomah di bawah rata-rata dan menempati ranking 10 terbawah dan itu terjadi terus menerus dari tahun 2003 hingga 2018.

PISA dikenal sebagai tes untuk mengukur prestasi sekaligus evaluasi terkait kurikulum pendidikan yang diterapkan pada lebih dari 80 negara di dunia. Tes PISA ini diselenggarakan oleh Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD) yang nantinya akan mengukur prestasi literasi membaca, matematika, dan sains pada peserta didik usia 15 tahun.

Kita perlu merenung, ditengah rendahnya nilai PISA jangan – jangan ada hal dasar yang perlu dibenahi. Mari kita bertanya tentang keterampilan super dasar: Apakah lulusan SD atau SMP dipastikan sudah menguasai keterampilan hitung dasar? yaitu TKKB (Tambah, Kurang, Kali, Bagi) paling sederhana, sampai level intuitif?

Penelitian PPMD (Perhimpunan Pengembangan Matematika Detik) selama 5 tahun terakhir (2014-2019) menunjukkan fakta yang menyedihkan: sebagian besar siswa kelas 5-6 SD dan 7-8 SMP menderita gagap hitung.

Mereka bisa menghitung operasi sederhana seperti 7+8 atau 7×8 tetapi terlalu lama (lebih dari 2 detik per operasi). Bahkan sangat banyak yang di atas 5 detik per operasi.
Tampak sepele. Namun, karena matematika selalu melibatkan TKKB, maka gagap hitung berakibat pada kelelahan mental dan pengalaman traumatik.
Tahapan berikutnya, yaitu matematika yang berorientasi pada HOTS, semakin mustahil dicapai.

Sehingga tepat Gerakan Merdeka Berhitung akan diselenggarakan di SDI Al Azhar 25 Semarang pada Senin 21 Agustus 2023 untuk kelas tinggi (4,5 dan 6) semoga menjadi salah satu solusi untuk tantangan rendahnya penilaian PISA.

GERAKAN MERDEKA BERHITUNG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *