Nabi Khidhir sebagai “sosok mistis” sudah sering dibahas. Bahkan telah membentuk pola pikir arus utama kaum muslimin. Bahwa pola pikir guru privat Nabi Musa ini tidak bisa dipahami, bahkan bertentangan dengan kebenaran konvensional.

Mungkin benar. Namun, jika tidak bisa dipahami, bagaimana cerita Musa dan Khidhir memantik pecinta al-Quran untuk kokoh dan jernih dalam berpikir?
فَٱقۡصُصِ ٱلۡقَصَصَ لَعَلَّهُمۡ یَتَفَكَّرُونَ
QS. Al-A’raf (7): 176

Percikan jawaban muncul sewaktu menjumpai Nabi Khidhir begitu tegas dan terukur untuk mengakhiri kebersamaan bersama Nabi Musa. Penghuni pertemuan dua lautan ini berkata:

هَـٰذَا فِرَاقُ بَیۡنِی وَبَیۡنِكَۚ
QS. Al-Kahfi (18):78

Apakah sikap Nabi Khidhir berdasar atas inspirasi gaib ataukah argumentasi yang solid? Di luar dugaan saya selama ini, ternyata vonis yang dijatuhkan Nabi Khidhir berdasarkan bukti dan argumentasi yang tidak ada keraguan. Definitif (قطعي)!

Anda bisa menyaksikan sedari awal pertemuan mereka di pertemuan dua lautan. Nabi Khidhir memadukan pengalaman empiris dan argumentasi dengan cara terbaik.

Agar tidak terlalu panjang, di sini kita sajikan kembali ucapan terakhir Nabi Musa:
َ لَوۡ شِئۡتَ لَتَّخَذۡتَ عَلَیۡهِ أَجۡرࣰا
QS. Al-Kahfi (18):77

Itu sebuah proposisi bersyarat (implikasi). Atau dalam istilah ilmu manthiq adalah “قضية شرطية متصلة”.

Ada “لو” (seandainya) pada ucapan Nabi Musa. Yang dalam konteks ini berfungsi “حرف امتناع لامتناع”. Periksa ucapan Nabi Musa lebih cermat. “Seandainya anda (Nabi Khidhir) berkehendak, niscaya anda mendapat upah”.

Faktanya, Nabi Khidhir TIDAK mendapat upah. Maka simpulannya, Nabi Khidhir TIDAK berkehendak (mendapat upah). Hal itu berdasarkan Nabi Musa itu sendiri.

Oleh karena itu, tanpa ragu Nabi Khidhir menyimpulkan dan memutuskan “هذا فراق بيني و بينك”. Yang digunakan Nabi Khidhir adalah modus tollens dan kemudian modus ponens. Atau “قياس الشرطي” atau disebut juga “قياس الاستثنائي ” dalam istilah ilmu manthiq.

*Ahmad Thoha Faz

NABI KHIDHIR, SANG MAHAGURU LOGIKA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *