“Bagaimana rencana anda mengatasi kesalahan penuturan?” Itu pertanyaan dan tantangan yang diajukan Jeff Bezos, pendiri Amazon, kepada calon penulis biografinya, Brad Stone.

Bezos mengenal istilah kesalahan penuturan (narrative fallacy) dari Nassim Nicholas Tales, penulis Black Swan (2007). Istilah itu merujuk pada fakta biologis bagaimana manusia cenderung mengubah realitas yang kompleks menjadi cerita yang mudah tapi terlalu disederhanakan. Keberuntungan adalah faktor yang berperan penting di balik keberhasilan atau kegagalan, tapi seringkali diabaikan dalam penuturan cerita.

Rumus sederhana ini ampuh agar kita tidak mudah terjebak pada cerita yang terlalu disederhanakan. Yaitu ini: keberuntungan = kesiapan + kesempatan (kebetulan). Sebagai contoh Bill Gates. Pada saat keluar dari Harvard untuk mencoba mendirikan perusahaan perangkat lunak, Gates telah berlatih membuat program secara nonstop selama tujuh tahun lamanya. Gates berani keluar dari Harvard karena kebetulan era PC (personal computer) telah tiba dan dirinya telah siap.

Bersambung …

KEBERUNTUNGAN DAN KESALAHAN PENUTURAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *